Forum Ormas Bangun Islamic Center Morowali Utara

Dewan Da’wah Morowali Utara bersama Dakwah Mualaf, Mualaf Center Aya Sofia, Gerakan Islam untuk Semua (GIUS) bersinergi membangun Islamic Center dan Kesekretariatan Dewan Da’wah di Desa Tanasumpu, Kec Mamosalato, Kab Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Infrastruktur itu dijadikan markas untuk menunjang dakwah pedalaman ke suku Tau Taa Wana.

Pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama oleh Ketua Dewan Da’wah Morowali Utara, Ustadz Sigit Sugiatno dan Pakar Kristolog Ustadz Insan L Mokoginta, di lokasi tanah wakaf pada Jumat (14/2), setelah penghelatan besar ikrar syahadat 300 Orang Ta’a.

‘’Hari ini, di tempat ini, kita melaksanakan peletakan batu pertama Islamic Center Dewan Da’wah Morowali Utara, termasuk kesekretariatannya, untuk menjawab tantangan dakwah di pedalaman, khususnya Kabupaten Morowali Utara,’’ ujar Ust Sigit Sugiatno.

‘’Dalam ikhtiar ini Dewan Da’wah tidak sendiri, tapi bersinergi dengan beberapa lembaga,’’ imbuhnya sesaat sebelum meletakkan batu pertama.

‘’Semoga Allah senantiasa merahmati apa yang kita dilakukan ini. Semoga juga dapat menjadi tanggung jawab bersama ke depan untuk anak cucu kita. Lebihnya kita bertawakal kepada Allah. Sesungguhnya hasanah Allah sangat luas untuk kita,’’ harap dan doanya di ujung sambutan.

Islamic Center diharapkan jadi pusat pendidikan dan pencetakan kader lokal penerus dakwah pedalaman setempat.



Mengenal Kabupaten Morowali Utara

Kabupaten Morowali Utara (bahasa Inggris: North Morowali Regency), adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten sekaligus pusat administrasi terletak di kota Kolonodale. Morowali Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 12 April 2013 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). (Sumber https://morowaliutarakab.go.id/)

Secara geografis, Kabupaten Morowali Utara terletak pada 1°31' - 3°04' Lintang Selatan dan 121°02' - 123°15' Bujur Timur. Kabupaten Morowali Utara mempunyai batas-batas wilayah: Sebelah utara berbatasan dengan Desa Buyuntaripa, Desa Korondoda, Desa Bugi Kecamatan Tojo dan Desa Rompi Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-Una; Sebelah timur berbatasan dengan Desa Rata, Desa Gunung Kramat, Desa Matawa, Desa Mangkapa Kecamatan Toili Barat Kabupaten Banggai, dan Laut Banda; Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Solonsa Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali dan Desa Nuha, Desa Matano, dan Desa Sorowako Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan; dan Sebelah barat berbatasan dengan Desa Uelene, Desa Mayasari Kecamatan Pamona Selatan dan Desa Pancasila, Desa Kamba, Desa Matialemba, Desa Kancu’u dan Desa Masewe Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post