PERNYATAAN SIKAP DEWAN DAWAH ISLAMIYAH INDONESIA TENTANG WABAH COVID-19

PERNYATAAN SIKAP DEWAN DAWAH ISLAMIYAH INDONESIA TENTANG WABAH COVID-19

Nomor : 190/Peng-DD/IV/1441/2020

Seiring dengan meluasnya musibah wabah Covid-19 di Indonesia, maka Pengurus Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia telah mengamati dengan seksama fenomena ini dan perlu menyatakan sikap sebagai berikut :

1) Menghimbau kepada Keluarga Besar Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia dan umat Islam di Indonesia pada umumnya, untuk tetap tenang, bersabar dan beraktivitas serta beribadah sesuai dengan himbauan pemerintah (Pusat maupun Daerah) dan Majlis Ulama Indonesia (MUI).

2) Menjadikan wabah Covid-19 ini sebagai pelajaran berharga bagi bangsa Indonesia betapa lemah dan tak berdayanya kita sebagai manusia sehingga wajib bagi kita untuk menyandarkan diri hanya kepada kekuasaan dan pertolongan Allah SWT. dalam menghadapi musibah ini setelah melakukan ikhtiar seoptimal mungkin dengan kemampuan dan ilmu yang kita miliki sebagai manusia. 

3) Menghimbau agar umat Islam di Indonesia untuk terus menerus berdoa kepada Allah SWT. sebagai perisai untuk menghindari wabah Covid-19 ini baik dilakukan secara pribadi maupun bersama-sama dengan keluarga.

4) Mengingatkan kepada pemerintah Republik Indonesia untuk waspada dan mengantisipasi usaha usaha dari pihak asing untuk menjadikan wabah Covid-19 ini sebagai pintu masuk untuk mengintervensi maupun mengeksploitasi ketahanan kita sebagai bangsa baik dengan bantuan tenaga medis ataupun menjadikan Indonesia sebagai konsumen pembelian vaksin/obat yang akan menggerus APBN kita yang sudah defisit. Kita harus yakin dengan kemampuan yang kita miliki sebagai bangsa untuk dapat mengatasi wabah ini melalui tenaga medis bangsa sendiri dan kemampuan dalam menemukan vaksin / obat untuk mengatasi musibah ini.


Demikianlah pernyataan sikap Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia. حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير

Jakarta, 21 Sya'ban 1441 H/14 April 2020 M
Pengurus Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia

Drs. H. Mohammad Siddiq, MA
Ketua Umum

Drs. H. Avid Solihin, MM
Sekretaris Umum

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post